Latest Updates

Kota Bawah Tanah Berusia 5000 Tahun di Temukan di Turki

Kota Bawah Tanah Berusia 5000 Tahun di Temukan di Turki
Kota Bawah Tanah Berusia 5000 Tahun di Temukan di Turki
Sekelompok tim arkeolog di Turki berhasil menemukan kota bawah tanah yang berumur 5.000 tahun, tepatnya di Provinsi Nevsehir, wilayah Anatolian Tengah. Wilayah ini sebelumnya memang sudah diketahui sebagai situs bersejarah dengan formasi bebatuan Fairy Chimney. Penemuan ini menjadi bukti nyata bahwa peradaban lampau ternyata sudah cukup maju tidak seperti yang kita bayangkan.

Seperti yang dilansir dari dream.co.id, “Ini kota bawah tanah yang identitasnya belum diketahui. Lorong sepanjang 7 kilometer kini tengah menjadi pembahasan,” ujar Kepala Administrasi Pembangunan Perumahan Turki, Mehmet Ergun Turan.

Penemuan kota bawah tanah itu sendiri sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan. Mulanya, pengembang yang hendak membangun sebuah gedung di area itu menemukan jaringan lorong bawah tanah saat sedang melakukan penggalian. Peristiwa yang tak disengaja ini membuat pihak pengembang urung melanjutkan pembangunan gedung di kawasan tersebut.

Walikota Nevsehir, Hasan Unver menerangkan bahwa penemuan situs bersejarah di provinsi tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Nevsehir yang tampaknya merupakan salah satu pusat kebudayaan masa lampau memiliki situs-situs kuno yang sudah berhasil dilacak keberadaannya sejak pertama kali proyek pembangunan transformasi kota dilakukan.

“Kami sudah mengambil 44 benda bersejarah dalam rangka pelestarian. Kota bawah tanah ditemukan ketika kami memulai penghancuran sesuai dengan protokol,” kata Hasan Unver.

Selain itu, kota bawah tanah berusia 5.000 tahun ini juga bukan kota bawah tanah terbesar yang keberadaannya berhasil diketahui. Sebelumnya, sudah ditemukan juga kota bawah tanah seluas 45 hektar dari total 75 hektar proyek transformasi kota yang dimulainya telah dari tahun 2012 silam ini. Penemuan pertama sendiri diketemukan pada tahun 2013.

0 Response to "Kota Bawah Tanah Berusia 5000 Tahun di Temukan di Turki"

Posting Komentar